I. NAMA KONSULTAN
Quality Management and Academic Consultant, atau disingkat Q – MAC.
Q-MAC adalah konsultan perguruan tinggi yang senantiasa menjunjung tinggi kode etik dan asas profesionalisme dalam berusaha, dengan prinsip utama "persembahkan yang memuaskan"(client one).
II. LATAR BELAKANG PENDIRIAN KONSULTAN
Kegiatan di Perguruan Tinggi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu kegiatan pokok dan kegiatan penunjang. Kegiatan pokok di Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, sedangkan kegiatan penunjang adalah kegiatan administratif. Walaupun hanya kegiatan administratif tapi kegiatan ini sangat menentukan kerberhasilan pelaksanaan dari kegiatan pokok sebab dalam kegiatan administratif inilah semua kegiatan pokok berawal.
Agar kegiatan pokok bisa terlaksana dengan baik maka terlebih dahulu kegiatan penunjang ini harus sudah tertata dengan baik. Sebab pada kegiatan penunjang inilah semua aturan, prosedur, dan tata cara tentang bagaimana kegiatan pokok itu dijalankan dijabarkan secara rinci. Produk dari kegiatan administratif di perguruan tinggi dapat berupa Pedoman Administrasi dan Kepegawaian, Pedoman Akademik ataupun bentuk-bentuk Pedoman atau Petunjuk Teknis/Petunjuk Operasional lainnya. Dalam bahasa organisisasi kesemuanya itu sering disebut dengan Prosedur Operasional Standar.
Salah satu kelemahan dari kegiatan administratif di perguruan tinggi (umumnya juga terjadi pada organisasi lainnya) adalah tidak terumuskannya dengan baik Prosedur Operasional Standar tersebut, sehingga dalam operasionalnya sering terjadi standar ganda dalam pengambilan keputusan.
Kondisi di atas banyak ditemui di di Jawa dan diluar Jawa tentunya akan lebih sulit lagi. Atas kondisi tersebut dan berdasarkan pengalaman kami yang sudah berkiprah secara mandiri di dunia pendidikan tinggi sejak tahun 1985, baik dalam aktivitas administratif maupun akademik, maka pada tanggal 8 Juni 2005 untuk membantu Sekolah dan Perguruan Tinggi dalam mengelola Manajemen dan Akademik Perguruan Tinggi, kami mendirikan konsultan yang diberi nama Quality: Manajemen and Academic Development atau disingkat Q-MAC. Sejak 8 Juni 2005 kami menata internal, barulah 1 Maret 2006 Q-MAC benar-benar beroperasi dan mulai kegiatan konsultannya secara penuh.
Q-MAC berkedudukan di Sidoarjo, namun demikian orientasi obyek konsultan kami lebih pada PT yang berada di luar Jawa, hal ini tidak lepas dari misi kami untuk mensejajarkan pendidikan yang ada diluar pulau Jawa dengan pendidikan di Pulau Jawa, tentunya hal ini sejalan dengan penerapan otonomi daerah.
Q-MAC, selalu mencoba selangkah lebih ke depan, dengan pemanfatan informasi dan sumber daya manusia yang kapabel. Sebuah sinergi yang mumpuni, sehingga produk konsultansi selama ini memuaskan owner, yang tidak terbatas hanya pada lingkup lokal saja namun juga nasional.
III. VISI, MISI, DAN NILAI UTAMA
Q-MAC memiliki visi mengembangkan dan meyempurnakan manajemen dan akademik lembaga pendidikan untuk mendukung pembangunan regionalnya.
Q-MAC memiliki misi-misi sebagai berikut:
Quality Management and Academic Consultant, atau disingkat Q – MAC.
Q-MAC adalah konsultan perguruan tinggi yang senantiasa menjunjung tinggi kode etik dan asas profesionalisme dalam berusaha, dengan prinsip utama "persembahkan yang memuaskan"(client one).
II. LATAR BELAKANG PENDIRIAN KONSULTAN
Kegiatan di Perguruan Tinggi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu kegiatan pokok dan kegiatan penunjang. Kegiatan pokok di Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, sedangkan kegiatan penunjang adalah kegiatan administratif. Walaupun hanya kegiatan administratif tapi kegiatan ini sangat menentukan kerberhasilan pelaksanaan dari kegiatan pokok sebab dalam kegiatan administratif inilah semua kegiatan pokok berawal.
Agar kegiatan pokok bisa terlaksana dengan baik maka terlebih dahulu kegiatan penunjang ini harus sudah tertata dengan baik. Sebab pada kegiatan penunjang inilah semua aturan, prosedur, dan tata cara tentang bagaimana kegiatan pokok itu dijalankan dijabarkan secara rinci. Produk dari kegiatan administratif di perguruan tinggi dapat berupa Pedoman Administrasi dan Kepegawaian, Pedoman Akademik ataupun bentuk-bentuk Pedoman atau Petunjuk Teknis/Petunjuk Operasional lainnya. Dalam bahasa organisisasi kesemuanya itu sering disebut dengan Prosedur Operasional Standar.
Salah satu kelemahan dari kegiatan administratif di perguruan tinggi (umumnya juga terjadi pada organisasi lainnya) adalah tidak terumuskannya dengan baik Prosedur Operasional Standar tersebut, sehingga dalam operasionalnya sering terjadi standar ganda dalam pengambilan keputusan.
Kondisi di atas banyak ditemui di di Jawa dan diluar Jawa tentunya akan lebih sulit lagi. Atas kondisi tersebut dan berdasarkan pengalaman kami yang sudah berkiprah secara mandiri di dunia pendidikan tinggi sejak tahun 1985, baik dalam aktivitas administratif maupun akademik, maka pada tanggal 8 Juni 2005 untuk membantu Sekolah dan Perguruan Tinggi dalam mengelola Manajemen dan Akademik Perguruan Tinggi, kami mendirikan konsultan yang diberi nama Quality: Manajemen and Academic Development atau disingkat Q-MAC. Sejak 8 Juni 2005 kami menata internal, barulah 1 Maret 2006 Q-MAC benar-benar beroperasi dan mulai kegiatan konsultannya secara penuh.
Q-MAC berkedudukan di Sidoarjo, namun demikian orientasi obyek konsultan kami lebih pada PT yang berada di luar Jawa, hal ini tidak lepas dari misi kami untuk mensejajarkan pendidikan yang ada diluar pulau Jawa dengan pendidikan di Pulau Jawa, tentunya hal ini sejalan dengan penerapan otonomi daerah.
Q-MAC, selalu mencoba selangkah lebih ke depan, dengan pemanfatan informasi dan sumber daya manusia yang kapabel. Sebuah sinergi yang mumpuni, sehingga produk konsultansi selama ini memuaskan owner, yang tidak terbatas hanya pada lingkup lokal saja namun juga nasional.
III. VISI, MISI, DAN NILAI UTAMA
Q-MAC memiliki visi mengembangkan dan meyempurnakan manajemen dan akademik lembaga pendidikan untuk mendukung pembangunan regionalnya.
Q-MAC memiliki misi-misi sebagai berikut:
- Membantu Perguruan Tinggi dalam mengelola manajemen akademiknya yang meliputi kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
- Membantu Perguruan tinggi membangun organisasi berbasis sistim dengan mengembangkan pengelolaan berbasis teknologi informasi.
- Membantu Perguruan Tinggi menyiapkan dokumen akreditasi.
- Melakukan kajian dan studi kelayakan untuk pembukaan program studi baru.
- Melakukan Berbagai Riset dan Pengembangan.
Nilai Utama Q-MAC:
- Mutual Respect - Kesetaraan dan kesederajatan
Menempatkan seluruh pihak yang terkait setara dan sederajat dalam kegiatan usaha - Excellence - Unggul
Menampilkan yang terbaik dalam semua aspek pengelolaan lembaga pendidikan. - Integrity - Intergritas
Mampu mewujudkan komitmen kedalam tindakan nyata - Focus - Fokus
Menggunakan secara optimum berbagai kompetensi perusahaan untuk meningkatkan nilai tambah perusahaan. - Visionary - Berwawasan Jauh ke Depan
Mengantisipasi lingkungan usaha yang berkembang saat ini maupun yang akan datang untuk dapat tumbuh dan berkembang.
IV. RUANG LINGKUP PEKERJAAN / DEVISI-DEVISI.
- Pembukaan Prodi Baru & Merger-Akuisi PT
- Manajemen, Akreditasi, SOP Akademik & Dokumentasi Mutu.
- Jurnal Ilmiah
- Penyusunan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen
- Riset & Pelatihan Metode Kuantitatif Untuk Penelitian
- Perangkat Lunak; Sistim Informasi Akademik, Perpustakaan, Adm. & Keuangan
V. MITRA BINAAN
Kami sangat bersyukur kepada kebesaran Allah, karena sejak resmi beroperasi 1 Maret 2006, hingga 1 Agustus 2008, 34 Perguruan Tinggi dengan puluhan item pekerjaan telah dipercayakan kepada kami. Perguruan ini tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya Barat, dan Papua.
===
Tidak ada komentar:
Posting Komentar